Senin, 11 Juli 2016

Mencari Kepentingan Organisasi Eksternal di dalam Organisasi Internal Kampus

           Oleh : Robbyansyah Abdullah

       Mungkin hal ini agak sedikit sensitif untuk disinggung , namun bukanlah menjadi hal yang tabu untuk dibahas karena semakin aneh ketika adaya kepentingan dalam kepentingan didalam sebuah perkumplan yang mengatasnamkan tujuan yang sama.

     Organisasi menurut ahli Stoner ialah “suatu pola hubungan – hubungan yang melalui mana orang- orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama “ dan ada pula yang mengumukakan bahwa “Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk tujuan bersama”(james Dmonney) ,dan para ahli yang lain pun berpendapat tidak jauh berbeda bawasanya dalam sebuah organisasi harus mempunyai dua hal yang teramat penting yaitu tujuan dan kebersamaan.

   Namun ketika adanya tujuan bersama itu dicampur adukan dengan tujuan lain menjadi tercapai tujuan bersama itu??? Bagaikan sebuah organisasi tertentu yang dijadikan alat sebuah partai untuk politik dan pencitraan tertentu,maka yang dikorbankan bisa hancur tujuanya.

     Mahasiswa berkembang bisa dimana saja suatu kelompok mengahalangi anggotanya berkembang dikelompok lain maka kelompok tersebut bisa dikatakan menghalangi ham orang tersebut untuk belajar, dan yang perlu digaris bawahi  dampaknya untuk orang yang ingin mengikuti atas dasar kesukarelaan bukan paksaan.

        Hal yang berbeda jika ada instruksi dari organisasi tertentu untuk menjalankan kepentinganya dengan masuk kedalam organisasi lain dan mendominasi disana dan menyebabkan pecahnya organisasi tersebut dengan terbagi menjadi kelompok si A dan Si B, hal yang seperti itu menyebabkan adanya tujuan berbeda dalam suatu kebersamaan.

  Bisa dimaksudkan “loh itu mah tergantung orangnya masing-masing atas dasar apa bisa menjabarkan seperti itu” biasanya kalimat seperti ini akan dijadikan kambing hitam untuk menghindari kenyataan yang memang didepan mata,semua punya cara dalam Ad/Art untuk mencapai visi namun menghormati dan menghargai  pula Ad/Art organisasi lain, namun bisa dihindari oleh tingkat profesionalisme diri sendiri, dan komunikasi antar organisasi yang berkaitan dengan hal ini.

   Hal ini perlu dibahas karena ada istilah berat sebelah yang terkadang organisasi internal dijadikan batu loncatan organisasi eksternal untuk mencapai tujuan,yang diharapkan organisasi eksternal dan internal sama sama maju dan tercapai visi organisasi tersebut namun tidak mengorbankan salah satunya.

       Adanya komunikasi dan itikad yang baik maka visi organisasi eksternal maupun internal itu bisa tercapai dengan melaksanakan kegiatan acara bersama namun hal itu dapat dikatakan sangat langka pada saat sekarang ini terkait ego masing masing organisasi.

 Berpolitik silahkan namun berpolitiklah yang baik ,berorganisasi silahkan namun berorganisasilah yang baik mencapai tujuan silahkan namun dilakukan dengan cara yang benar dan baik ,Atur segala hal dan membuat prioritas yang seimbang terkadang pengertian dari masing masing ego adalah kunci untuk mencapai keharmonisan lingkungan kampus.

Tidak ada komentar: